Site icon Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Kementerian Investasi/BKPM

Fasilitasi Perizinan Pelaku UMK, Kementerian Investasi Gandeng Ikatan Alumni Universitas Indonesia  

 

No. 85/Sipers/B.8/A.3/2022 

Fasilitasi Perizinan Pelaku UMK, Kementerian Investasi Gandeng  

Ikatan Alumni Universitas Indonesia  

 

Jakarta, 24 Agustus 2022–Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melakukan kerja sama dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) yang tertuang dalam bentuk Nota Kesepahaman tentang Sinergi Pengembangan Inovasi Kebijakan Investasi dan Peningkatan Skala Usaha di kalangan ILUNI UI. Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Deputi Bidang Kerjasama Penanaman Modal Riyatno dan Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian pada siang ini (24/8) di kantor Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta.  

  Kementerian Investasi/BKPM sebagai lembaga pengelola sistem Online Single Submission (OSS), sesuai amanat Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU CK) dan aturan turunannya yaitu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, memandang pentingnya bersinergi dengan berbagai pihak seperti kementerian/lembaga, dunia usaha termasuk juga dengan wadah alumni universitas dalam rangka percepatan implementasi reformasi perizinan berusaha. Hal ini dimaksudkan agar pemerintah dapat lebih efektif dalam mendiseminasikan kebijakan serta melakukan evaluasi atas pelaksanaan perizinan usaha berbasis risiko. 

 Deputi Kerjasama Penanaman Modal Riyatno menyatakan bahwa Kementerian Investasi/BKPM telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, baik kementerian/lembaga maupun dunia usaha dalam rangka membantu memberikan legalitas kepada pelaku usaha khususnya pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK). Diharapkan adanya nota kesepahaman ini, upaya mempermudah perizinan berusaha bagi pelaku UMK akan semakin lancar. 

 “Dengan adanya target Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Investasi/BKPM untuk dapat memfasilitasi sebanyak-banyaknya pelaku usaha yang mendapatkan NIB, maka kami bekerja sama dengan berbagai pihak. Kerja sama dengan ILUNI UI ini diharapkan dapat mendekatkan kami dengan para alumni yang memiliki kegiatan usaha agar dapat memfasilitasi perizinannya,” ucap Riyatno dalam sambutannya.  

 Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian menyatakan apresiasinya atas kesempatan bekerja sama dengan Kementerian Investasi/BKPM. Andre menyampaikan bahwa Selama ini ILUNI UI sudah cukup banyak membantu pemerintah dalam meningkatkan inovasi dan kebijakan investasi seperti menyelenggarakan diskusi terkait investasi dan ekonomi.  

 “Sebelumnya, kami telah menyelenggarakan kegiatan pembagian NIB untuk pedagang kantin di seluruh UI. Ke depan, mudah-mudahan akan semakin banyak kegiatan yang bisa dikerjasamakan. Ada sekitar 120 ribu alumni UI yang terdaftar lewat UI Connect dari total 450 ribu alumni, yang berasal dari 18 fakultas dan vokasi. Dengan latar belakang dari fakultas yang berbeda-beda, kami harap ILUNI UI dapat berkontribusi dalam memperkaya kebijakan investasi dan meningkatkan peran dalam membuat UMKM naik kelas. Kami siap mendukung Kementerian Investasi/BKPM,” ujar Andre. 

Ruang lingkup nota kesepahaman yang ditandatangani kedua pihak mencakup diseminasi informasi perizinan berusaha dan kebijakan di bidang investasi; dukungan pengembangan inovasi kebijakan investasi; dukungan peningkatan skala usaha; fasilitasi perizinan berusaha bagi pelaku UMKM; fasilitasi penyelesaian hambatan berusaha bagi pelaku UMKM; pendidikan dan Pelatihan; dan kegiatan lain yang disepakati oleh para pihak.(*)  

 

Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi: 

Ricky Kusmayadi 

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi   

Kementerian Investasi/BKPM  

Jl. Jend. Gatot Subroto No. 44 Jakarta 12190  

E-mail: rickykusmayadi@bkpm.go.id 

  

 Tautan dokumentasi: https://bit.ly/MoUKeminves-ALUNIUI 

Exit mobile version